Perhatikan, ini tips berbelanja dengan aman saat new normal

tips belanja aman saat new normal
Foto: freepik

Berbelanja dan melengkapi kebutuhan sehari-hari tentu hal yang penting untuk dilakukan. Tapi di tengah pandemi dan era new normal seperti ini, protokol kesehatan agar tetap dapat berbelanja dengan aman harus dilakukan. Sehingga saat pulang ke rumah, kita tak menjadi orang yang rentan menularkan virus pada anggota keluarga. Ini dia beberapa tips berbelanja dengan aman saat new normal.

Buat daftar belanjaan

Sebelum pergi berbelanja, persiapkan daftar belanjaan dari rumah. Catat apa saja kebutuhan yang harus dibeli. Dengan adanya daftar belanjaan, kamu dapat mempersingkat waktu belanja dan menghindari membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

Hindari menyentuh wajah

Demi perlindungan, mengenakan masker saat beraktivitas keluar rumah terutama saat ke ruang publik adalah sebuah keharusan. Selain itu, sebisa mungkin hindari menyentuh wajah. Jika memungkinkan, ada baiknya juga untuk membawa hand sanitizer.

Hati-hati dengan pegangan keranjang belanjaan atau troli

Pegangan keranjan belanja atau troli merupakan benda yang memiliki risiko menjadi titik penyebaran virus karena dipegang oleh banyak orang. Karena itu tak ada salahnya untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum dan sesudah digunakan.

cara berbelanja dengan aman saat new normal
Foto: freepik

Baca juga: Setelah berbelanja bahan makanan, ini yang harus dilakukan

Hanya pegang yang akan dibeli

Hindari menyentuh barang yang tidak dibeli. Dengan adanya daftar belanjaan yang telah disiapkan dari rumah, kegiatan berbelanja pun jadi lebih cepat dan kamu tak perlu menyentuh barang-barang yang tidak diperlukan.

Jaga jarak dan hindari kerumunan

Jaga jarak minimal 1 meter dari pengunjung lain serta hindari kerumunan. Setelah mendapatkan produk-produk yang kamu perlukan, segera lakukan pembayaran. Jika harus mengantri, jangan lupa untuk tetap menjaga jarak dan perhatikan garis yang telah ditentukan.

Gunakan uang elektronik

Membayar menggunakan uang tunai menjadi salah satu cara rawan penyebaran virus mengingat telah dipegang oleh banyak tangan. Karena itu jika memungkinkan, hindari melakukan pembayaran menggunakan uang tunai dan gunakan uang elektronik.

tips berbelanja dengan aman saat new normal
Foto: freepik/rawpixel-com
Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

frozen seafood untuk stok makanan di rumah

Macam-macam makanan frozen yang cocok untuk stok di rumah

ikan frozen

Ini alasan tak perlu lagi khawatir beli ikan beku