Cara cepat hilangkan panas di tangan usai makan sambal

cara hilangkan pedas di tangan usai makan sambal
Foto: Ilustrasi | freepik/user14908974

Orang Indonesia yang suka makan sambal, biasanya dibarengi dengan kebiasaan makan menggunakan tangan. Hal ini diyakini dapat membuat makanan jadi terasa lebih lezat, sedap dan nikmat. Sayangnya, setelah menyantap makanan pedas biasanya ada sensasi panas bahkan terasa seperti terbakar yang tertinggal di tangan. Hal ini karena kandungan capsaicin yang ada di dalam cabai.

Jika dibiarkan lama-kelamaan rasa panas tersebut tentunya sangat mengganggu dan bikin terasa tak nyaman. Karena itu agar tak berlama-lama, ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa panas tersebut dengan cepat.

Merendam tangan di dalam air beras

Air bekas cucian beras, ternyata dapat digunakan untuk mengurangi rasa panas yang menempel di tangan usai makan sambal atau menyentuh cabai. Karena itu jangan buru-buru membuang air beras jika menu masakanmu adalah sambal. Rendam tangan di dalam air beras selama kurang lebih 3 – 5 menit sambil gosok perlahan-lahan, kemudian membilasnya.

Minyak

Tak ada salahnya menyiapkan langkah preventif sebelum berurusan dengan sambal atau cabai. Misalnya dengan menggosok-gosokkan minyak pada telapak tangan sehingga dapat meminimalisir kemungkinan tangan terasa panas karena cabai. Biasanya minyak yang dapat digunakan adalah minyak sayur atau minyak zaitun.

Yogurt atau susu

Yogurt atau susu merupakan bahan yang memiliki kandungan senyawa alami yang dapat membantu mengurangi rasa panas di tangan. Dengan mengoleskan susu atau yogurt yang memiliki sensasi dingin, rasa panas yang ditimbulkan oleh kandungan kapsaisin cabai pun dapat dikurangi.

Baca juga: Wedang ronde, minuman tradisional yang populer di Indonesia

Larutan air hangat dan garam

Larutkan garam menggunakan air hangat, kemudian gunakan untuk olesan pada tangan sambil gosok perlahan. Bahan sederhana ini diyakini dapat membantu mengurangi rasa panas setelah makan sambal loh. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

tips agar tidak sering membuang-buang makanan

Yang harus dilakukan agar tak sering-sering membuang makanan

jus untuk meningkatkan imunitas tubuh

Racikan jus ini bantu cegah serangan virus dengan tingkatkan kekebalan tubuh