Unik, Yuk Bikin Sate Seafood Yang Gurihnya Bikin Lupa Diri Ini

Sate ikan gurita
Foto: Kitchen Of Indonesia

Diapain aja, ikan mah rasanya tetap enak. Termasuk jika diolah jadi sate ikan. Apalagi selain bernutrisi tinggi, proses masaknya pun lebih cepat matang. Dengan harga yang cukup terjangkau, kamu bisa memilih berbagai jenis ikan untuk dijadikan sate. Misalnya seperti ikan kakap, ikan tuna atau ikan tenggiri.

Kalau kamu berniat membuat sate ikan, supaya hasilnya tak mengecewakan dan lebih maksimal, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan nih sobs. Simak yuk!

Menyiapkan Bahan-Bahan Masak Untuk Sate Ikan

Sebelum mulai memasak, ada baiknya kalau kamu menyiapkan seluruh bahannya terlebih dahulu. Jadi kamu tak perlu mondar-mandir mencari bahan yang kamu butuhkan lagi saat mulai proses memasak.

Jangan Gunakan Tusuk Yang Terlalu Tipis

Meski daging ikan lebih lembut dan lunak dibanding daging sapi, tapi tak ada salahnya juga kok kalau kamu pakai tusukan yang tak terlalu tipis seperti tusuk sate biasa. Jadi saat memanggangnya, tusukan tak mudah patah dan lembek saat diangkat.

Ikan Fillet Akan Lebih Mempermudah Kamu

Untuk membuat sate ikan kamu memang bisa menggunakan ikan apa saja. Tapi akan lebih mudah jika kamu menggunakan ikan fillet. Karena kamu tak perlu lagi menyisihkan duri-durinya dan lebih mudah memotongnya sesuai ukuran sate.

Variasikan Dengan Potongan Sayur

Membuat sate ikan dengan bahan full ikan memang sudah enak. Tapi jika ingin citarasanya lebih bervariasi, kamu bisa menambahkan potongan sayur di sela-sela tusukan daging ikan. Misalnya dengan menambahkan tomat, jamur atau paprika. Karena tak monoton, tanpa sadar kamu mungkin bisa menghabiskan porsi lebih banyak.

Bumbui Terlebih Dahulu Sebelum Dibakar

Setelah memotong-motong daging ikan, kamu bisa merendamnya dengan bumbu terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit. Jadi dengan bumbu yang cukup meresap, rasa sate pun tak hambar. Jika ingin warnanya tak pucat, kamu bisa gunakan kecap dengan porsi yang cukup.

Jangan Capek Membolak-Baliknya

Memanggang sate tanpa membolak-baliknya akan membuat sate jadi cepat gosong pada salah satu sisi saja. Makanya kamu perlu membolak-baliknya saat memanggangnya. Usahakan seluruh permukaan daging sate terkena panas secara merata. Jangan membakarnya terlalu kering agar daging ikan masih terasa juicy saat dimakan.

Santap Dengan Bumbu Favorit

Nikmati sate dengan sambal kacang, sambal matah atau bumbu lain yang jadi favoritmu. Kamu juga bisa menyantapnya dengan nasi putih dan kerupuk agar semakin terasa nikmat.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

makanan khas korea selatan

Menu Korea Selatan Di Indonesia Yang Mungkin Song Joong Ki Dan Song Hye Kyo Makan

sate cumi

Ide Sate Seafood Yang Bisa Kamu Masak Sendiri Di Rumah