Bukan Hanya Gudeg, Ini Lho Ragam Kuliner Khas Yogyakarta Yang Lezat

gudeg kuliner khas yogyakarta
Foto: instagram/ceritamakan

Ngomongin tentang kuliner khas Yogyakarta, memang tak bisa lepas dari gudeg. Padahal kuliner Yogyakarta bukan hanya gudeg lho. Ada berbagai macam kuliner lain yang tak kalah lezat dan tak boleh dilewatkan saat berwisata ke Yogyakarta. Apalagi bagi penggemar kuliner nusantara. Belum lagi Yogyakarta sendiri dikenal sebagai surga kuliner.

Nah kalau penasaran apa saja kuliner Yogyakarta yang harus dicoba, simak artikel ini untuk jadi inspirasi ya!

Sate Klathak, Kuliner Khas Yogyakarta Favorit Rangga Dan Cinta

Sate ini menggunakan daging kambing muda sebagai bahan utamanya. Jika sate pada umumnya ditusuk menggunakan tusukan bambu, sate klatak uniknya menggunakan besi atau jeruji roda sepeda sebagai alat tusuknya.

Disajikan dengan kuah gulai kambing, membuat sate klathak terasa semakin istimewa. Sate khas Yogyakarta ini pun dijual dengan harga yang ramah di kantong.

sate klatak kuliner khas yogyakarta
Foto: jogjabikinlaper

Bakmi Jawa

Bakmi Jawa menjadi salah satu kuliner khas Yogyakarta yang paling diburu. Sepiring mie yang kenyal, membuat perut kenyang usai menyantapnya. Apalagi bukan hanya punya citarasa yang lezat, bakmi jawa juga memberi efek menghangatkan saat disantap. Dengan suwiran ayam, perpaduan rasa yang dihasilkan membuat kesan mendalam.

bakmi jawa kuliner yogyakarta
Foto: instagram/jogjafoodhunter

Ayam Geprek Bu Rum

Kalau kamu penggemar makanan pedas khususnya ayam geprek, maka kamu wajib mencoba ayam geprek yang satu ini saat berkunjung ke Yogyakarta. Pasalnya warung inilah pelopor ayam geprek di Jogja. Tingginya antusias penggemar kuliner akan rasa ayam geprek Bu Rum yang begitu khas dan lezat, saat ini ayam geprek Bu Rum sudah punya 7 cabang yang tersebar di Yogyakarta.

ayam geprek bu rum
Foto: instagram/javafoodie

Baca Juga: Siap Mengunjungi Kalimantan Timur? Ini Makanan Khas Kaltim Yang Oke Banget

Kopi Joss

Penggemar kopi pastinya tak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi kopi joss saat ke Kota Pelajar ini. Segelas kopi ini disajikan dengan tambahan arang panas di dalamnya. Penasaran kan seperti apa keunikan rasanya?

kopi joss di angkringan jogja
Foto: instagram/briandsumito

Jenang

Kurang lengkap rasanya berwisata kuliner di Yogyakarta tapi tak mencicipi menu kulinernya yang tradisional. Akan lebih berkesan saat kamu mencoba blusukan ke pasar tradisionalnya untuk berburu kuliner. Misalnya saja dengan mengunjungi Pasar Lempuyangan untuk mencoba jenang Bu Gesti yang terkenal. Jajanan yang berupa jenang sumsum putih, jenang sumsum manis, jenang mutiara, dan jenang candil ini disajikan di atas pincukan daun pisang. Nikmat dan harganya pun terjangkau.

jenang bu gesti yogyakarta
Foto: instagram/jogjafoodhunter

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ikan bakar bumbu taliwang khas lombok

Sedap, Ikan Bakar Bumbu Taliwang Khas Lombok Ini Wajib Dicoba

lemper ayam vs lemper ikan

Lemper Ayam Vs Lemper Ikan, Yang Mana Favoritmu?