Bukan Hanya Dapur, Ruang Makan Pun Harus Dijaga Kebersihannya

ruang makan
Foto: brosa.com.au

Hidup sehat berawal dari lingkungan yang bersih. Bukan cuma lingkungan rumah tapi juga dari kebersihan makanan. Karena itu bukan cuma dapur, menjaga kebersihan ruang makan juga sangat penting dan tak boleh diabaikan.

Menjaga Kebersihan Ruang Makan Dengan Sirkulasi Yang Baik

Kondisi ruangan yang lembab dan pengap, dapat memberi efek yang kurang baik pada kesehatan. Biasanya hal ini karena kurangnya sirkulasi udara. Bibit penyakit tak jarang berasal dari ruangan yang tak memiliki sirkulasi dan ventilasi yang baik.

Selain itu jika kurang ventilasi, aroma makanan juga dapat memenuhi ruang makan. Hal ini dapat membuat udara di dalam ruangan menjadi semakin lembab dan kotor.

Tempat Sampah Jangan Diletakkan Di Dalam Ruang Makan

Keberadaan tempat sampah di ruang makan membuat kita jadi terbiasa membuang segala macam kotoran, baik organik maupun non-organik di sana. Padahal sampah-sampah organik dapat menimbulkan bau tak sedap dan menyebar ke seluruh ruangan. Terlebih jika sampah tersebut tak segera dibuang.

Karena itu ada baiknya untuk menjaga kebersihan ruang makan, tempat sampah sebaiknya tidak diletakkan di dalam ruang makan. Sampah organik sebaiknya segera dibuang keluar rumah tanpa menunggu menumpuk terlebih dahulu.

kebersihan ruang makan
Foto: domino.com

Usai Pakai, Bersihkan Meja Dan Peralatan Makan Sesegera Mungkin

Mungkin tanpa disadari, saat makan ada tumpahan atau cipratan bekas makanan dan minuman yang berceceran di atas meja makan. Jika tidak segera dibersihkan, lama-lama akan mengotori meja dan semakin sulit dibersihkan. Bukan hanya tak sedap dipandang, juga menjadi tempat bakteri berkembang biak.

Peralatan makan juga sebaiknya segera dibersihkan tiap kali usai memakainya. Karena menumpuk peralatan makan yang kotor, akan membuat bak cuci piring penuh dan menjadi sarang bakteri.

Baca Juga: Sering Digunakan, Apa Keunggulan Yang Dimiliki Piring Keramik?

Jangan Lupa Lantai Ruang Makan Juga Harus Dibersihkan

Setelah membersihkan meja makan, lantai ruang makan juga jangan lupa untuk dibersihkan. Selain mungkin ada remahan makanan yang berjatuhan di lantai, debu juga mungkin akan menumpuk di lantai jika tak rajin dibersihkan.

Demi menjaga kebersihan ruang makan secara sempurna, tak ada salahnya membersihkan ruang makan secara rutin bukan?

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

gorengan

Aneh, Tapi Makanan Ini Lebih Enak Beli Di Luar Dibanding Bikin Sendiri

pepes kepiting makanan khas kaltim

Siap Mengunjungi Kalimantan Timur? Ini Makanan Khas Kaltim Yang Oke Banget