Bukan Cuma Nasi Krawu, Gresik Punya Banyak Makanan Khas Lezat Lho

pudak oleh-oleh khas gresik
Foto: tokooleholehgresik

Kalau membicarakan tentang kuliner khas Gresik, biasanya yang pertama kali diingat adalah Nasi Krawu. Makanan yang satu ini memang terkenal sekali sebagai makanan khas Gresik. Padahal selain Nasi Krawu, Gresik juga punya banyak kuliner khas lainnya yang tak kalah lezat.

Kuliner-kuliner ini pun sudah terkenal sejak lama di kota yang dijuluki Kota Santri ini. Kalau kamu sedang atau ingin jalan-jalan ke Gresik, jangan lupa manjakan lidah dengan kulinernya yang beragam ini.

Otak-Otak Bandeng Tak Kalah Terkenal Sebagai Makanan Khas Gresik

Selain nasi krawu, otak-otak bandeng termasuk salah satu makanan khas Gresik yang populer. Dengan bahan utama ikan bandeng, kuliner ini punya citarasa yang gurih dan aroma bumbu yang kuat.

Pembuatannya cukup unik. Seluruh daging ikan bandeng dikeluarkan dari kulitnya dalam keadaan mentah kemudian dipisahkan durinya dan dicampurkan dengan bumbu khas serta santan. Saat mengeluarkan daging ikan dan memasukkannya kembali, kulit ikan bandeng tersebut tak boleh sobek atau rusak. Sehingga bentuknya tetap seperti bandeng utuh.

otak-otak bandeng kuliner khas gresik
Foto: bisnisukm.com

Sego Roomo, Nasi Putih Yang Disajikan Dengan Cara Unik

Kalau kamu ingin makan sesuatu yang berbeda, mencoba nasi atau sego roomo saat berkunjung ke Gresik bisa dimasukkan ke dalam list. Biasa dijajakan oleh pedagang kaki lima, nasi putih yang disiram dengan kuah udang yang sangat kental ini punya cita rasa unik. Apalagi di atasnya masih ada taburan sayur, poyah kelapa, sambal merah dan kerupuk. Bisa jadi kamu bakal ketagihan setelahnya.

sego roomo makanan khas gresik
Foto: Instagram/tifanoer

Pudak, Kuliner Khas Gresik Yang Biasa Dijadikan Oleh-Oleh

Terbuat dari campuran tepung beras atau sagu, gula merah/gula pasir dan santan kelapa, makanan ini kemudian dibungkus menggunakan pelepah daun pinang atau Ope. Karena sudah dikemas sedemikian rupa, pudak pun sering dibawa pulang oleh wisatawan yang berkunjung ke Gresik sebagai oleh-oleh.

pudak oleh-oleh khas gresik
Foto: tokooleholehgresik

Baca Juga: Liburan Ke Kota Hujan, Jangan Lupa Cicipi Kuliner Khas Bogor Ini

Juga Bisa Dijadikan Oleh-Oleh, Jubung Tak Boleh Dilewatkan

Berbahan dasar ketan hitam dan wijen, jubung dibungkus dengan kulit pohon pisang. Tekstur dan rasanya hampir mirip dengan dodol, tapi makanan ini punya citarasa yang lebih unik. Karena dikemas secara aman untuk dibawa bepergian, jubung sering menjadi oleh-oleh khas Gresik yang tak boleh dilewatkan.

jubung
Foto: Instagram/tia_sulaksono

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

mie tuna pedas

Bosan Dengan Mie Ayam, Kamu Bisa Bikin Mie Tuna Pedas Di Rumah

makanan ibu hamil

7 Makanan Bagi Bumil Agar Janin Dapat Nutrisi Sehat yang Lengkap