Bukan Cuma Desainnya, Bumbu Pun Perlu Ditata Supaya Dapur Tampak Cantik

cara menata bumbu dapur
Foto: Pinterest

Dapur yang cantik dan menarik adalah dapur yang didesain dan ditata dengan rapi. Pasalnya dapur merupakan salah satu ruangan penting di dalam rumah yang menyimpan begitu banyak perlengkapan dan peralatan di dalamnya. Salah satunya adalah bumbu dapur. Jika tidak dilakukan cara menata bumbu dapur dengan benar, bisa-bisa keberadaan bumbu dapur akan membuat dapur tampak berantakan dan tak rapi.

Apalagi mengingat dapur begitu mudah kotor dan tampak berantakan setelah memasak. Oleh karena itu, selain harus dibersihkan setiap hari secara rutin terutama setelah memasak, cara menata bumbu dapur dan peralatan dapur secara rapi pun perlu diperhatikan dengan seksama.

Bumbu Dan Peralatan Dapur Sebaiknya Dipisah

Kegiatan memasak memang membutuhkan banyak peralatan dapur. Termasuk juga dengan bumbu dapur dan kebutuhan lainnya. Sehingga jika penataannya tidak diperhatikan dengan baik, akan membuat kita kesulitan saat memasak. Maka untuk menghindari hal itu, ada baiknya jika peralatan dan bumbu dapur pun ditata secara terpisah. Hal ini tentu akan memudahkan saat ingin mengambil bumbu atau peralatan dapur tersebut.

Urutkan Berdasarkan Intensitas Kegunaan

Semua bumbu dapur memang memegang peranan penting dalam memasak. Namun dari kesemuanya itu, tentu ada beberapa yang paling sering digunakan dan paling jarang dibutuhkan bukan? Maka ada baiknya jika penataan bumbu dapur juga diurutkan berdasarkan intensitas kegunaannya. Tempatkan bumbu yang paling sering digunakan di bagian depan, dan sebaliknya letakkan yang paling jarang digunakan di bagian belakang urutan bumbu dapur. Dengan penataan tersebut, akan membuatmu lebih mudah menggapai bumbu yang dibutuhkan.

Baca Juga: Cara Memasak Ikan Tuna Yang Benar, Supaya Hasilnya Enak

Gunakan Wadah Dan Rak Penyimpanan

Setelah memisahkan bumbu dapur dan perlengkapan lainnya, letakkan masing-masing bumbu tersebut ke dalam wadah secara terpisah. Untuk mempermudah, gunakan toples kaca yang transparan atau menempel label nama pada masing-masing wadah bumbu. Kemudian letakkan wadah bumbu-bumbu tersebut ke dalam rak penyimpanan yang ada di dapur dan tata dengan rapi. Gunakan rak penyimpanan seperti model rak terbuka atau kabinet dapur sesuai dengan kebutuhan dan tema yang diterapkan pada interior dapur agar tampak semakin pas dan cantik.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cara memasak ikan tuna

Cara Memasak Ikan Tuna Yang Benar, Supaya Hasilnya Enak

fakta tentang bahan makanan madu

Fakta Tentang Bahan Makanan Yang Selama Ini Sering Disalahpahami