Buang ulat pada sayuran dengan cara cerdas dan mudah

cara membuang ulat pada sayuran
Foto: verytasty.us

Wajar rasanya kalau kita mendapati ada ulat pada buah-buahan dan sayuran. Tapi kalau ada di makanan yang akan kita konsumsi, yang ada malah membuat kita jadi kehilangan nafsu makan bukan? Karena itu biasanya sayur-sayuran harus dicuci bersih sebelum dimasak atau dikonsumsi agar tidak ada ulat yang menempel.

Nah supaya tidak ada ulat yang menempel di makanan yang akan kita konsumsi, ada beberapa cara menghilangkan ulat pada sayuran yang bisa kita lakukan dengan mudah dan cerdas.

Pilih sayur dengan tepat

Sebelum membeli sesuatu, wajib rasanya untuk memilah dan memilih mana yang memiliki kualitas bagus. Termasuk membeli sayuran. Hindari membeli sayuran yang tampak layu dan tak lagi segar. Sehingga dapat meminimalisir kemungkinan terdapat banyak ulat di dalamnya.

Potong atau petik satu per satu

Sebelum dimasak, sayur harus dipotong-potong atau dipetik satu per satu terlebih dahulu. Hal ini untuk memudahkan proses pemilahan sayur dari kotoran dan ulat. Sehingga kemungkinan ada ulat yang belum terbuang setelah proses masak dapat diminimalisir. Jangan lupa untuk memperhatikan bagian belakang daun pada sayuran yang berdaun.

Cuci di bawah air mengalir

Setelah dipotong atau dipetik satu per satu, sayuran harus dicuci di bawah air bersih yang mengalir. Sehingga ulat atau kotoran yang terdapat pada sayuran dapat ikut terbawa air yang mengalir. Terutama pada bagian tersembunyi sayuran juga harus dibersihkan.

Baca Juga: Tips Membersihkan Pestisida Dari Sayur dan Buah

Rendam dengan garam atau bahan makanan lainnya

Sejak lama, garam diyakini ampuh dalam membersihkan ulat dan kotoran pada sayuran. Apalagi garam juga mudah didapatkan dan hampir ada di setiap dapur rumah. Karena itu banyak yang menggunakan air dan garam untuk menghilangkan ulat pada sayuran dengan cara direndam selama beberapa menit. Namun jangan lupa untuk membilas kembali sayuran tersebut dengan air bersih. Selain garam, baking soda dan cuka juga dapat digunakan dengan cara yang sama.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

kue halloween

Kreatif dan lucu, bikin tak tega makan hidangan bertema halloween ini

kikil oseng lombok ijo

Resep oseng kikil sapi dengan bumbu cabai hijau, lezatnya tak diragukan