Buah idola sejuta orang, ini manfaat mengonsumsi pisang untuk tubuh

manfaat mengonsumsi pisang
Foto: freepik

Buah pisang termasuk buah populer yang menjadi idola banyak orang. Mudah didapatkan dan banyak jenisnya, buah pisang juga diyakini bagus untuk pencernaan. Tapi selain itu, kira-kira apa saja manfaat lain dari buah pisang?

Menjadi sumber energi

Buah pisang sering kali jadi menu sarapan untuk beberapa orang. Selain diyakini bagus untuk program diet, mengonsumsi pisang dalam jumlah yang tepat juga dapat menjadi sumber energi yang baik untuk mengawali hari.

Menyeimbangkan gula darah

Pektin dan pati resistan termasuk kandungan nutrisi yang ada di dalam pisang. Kandungan ini dapat berfungsi untuk menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Meski begitu, jumlah pisang yang dikonsumsi oleh penderita diabetes sebaiknya tetap diperhatikan.

Menangkal radikal bebas

Pisang memiliki kandungan dopamin dan katekin yang merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh. Kandungan ini dapat membantu menangkal radikal bebas bagi tubuh dan mengurangi risiko terserang penyakit jantung.

pisang
Foto: freepik.com

Baca juga: Kerap dijadikan topping makanan, keju juga punya banyak manfaat untuk tubuh lho!

Baik untuk ibu hamil

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya. Karena itu pisang yang memiliki kandungan asam folat, termasuk makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Meski begitu, jumlah yang boleh dikonsumsi tetap harus diperhatikan karena pisang juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

Membuat kenyang lebih lama

Pisang menjadi salah satu makanan yang bagus untuk diet karena memiliki kandungan serat pektin dan karbohidrat yang mampu memberi efek kenyang lebih lama. Sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah tepat, pisang juga dapat membantu menjaga berat badan tak mudah naik.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

lontong kuliner khas medan

Mumpung ke Medan, ini kuliner yang wajib dicoba selama di sana

cara membuat dan resep fish taco

Resep Fish Taco, Makanan Sehat Yang Tetap Enak Dan Gampang Bikinnya