Bisa menggantikan gula untuk pemanis, tapi lebih sehat

bahan pengganti gula yang lebih sehat
Foto: freepik/8photo

Mencampurkan gula ke dalam makanan atau minuman, dipercaya dapat memberi efek rasa manis. Sayangnya gula termasuk salah satu yang dapat diserap oleh tubuh dengan cepat. Salah satu efek dari konsumsi gula bagi tubuh dapat meningkatkan kadar gula di dalam tubuh. Nah jika jumlah yang dikonsumsi tidak diperhatikan, bisa berbahaya bagi tubuh.

Untuk menyiasatinya, gula bisa diganti dengan beberapa bahan lainnya yang juga bisa digunakan sebagai pemanis. Bahkan beberapa bahan ini kerap dianggap lebih sehat dan aman untuk tubuh lho.

Madu

Meski sama-sama mengandung glukosa dan fruktosa, namun madu tak meningkatkan kadar gula tubuh dengan cepat seperti gula. Selain itu, madu juga mengandung vitamin, magnesium, kalium serta antioksidan. Sehingga madu murni sering digunakan sebagai pengganti gula dan diyakini lebih sehat untuk tubuh.

Daun stevia

Stevia merupakan tanaman yang banyak digunakan sebagai pemanis untuk pengganti gula di Jepang. Karena kandungan kalorinya 0%, stevia pun kerap digunakan sebagai pemanis oleh penderita diabetes, obesitas serta yang sedang menjalani program diet.

Inulin

Sayuran seperti sawi putih, memiliki serat yang disebut dengan inulin. Serat yang bisa larut ini bisa digunakan sebagai pengganti gula dengan kandungan sekitar 150 kalori dan nol pada skala glikemik indeks. Namun rasa manisnya sekitar 10 kali lebih manis dibanding gula biasa.

Sirup beras merah

Memiliki kandungan kalori yang rendah, sirup beras merah jika digunakan sebagai pengganti gula juga mengandung magnesium, zink serta vitamin. Sirup beras merah pun dianggap memiliki rasa yang cukup unik dan menarik.

Baca juga: Lagi viral, ini cara bikin Japanese milk bun gampang ala Kitchen of Indonesia

Sirup maple

Biasa digunakan sebagai topping untuk pancake, sirup maple kerap dijadikan pengganti gula selain karena rasanya yang manis dan sukrosa cukup rendah, sirup maple juga mengandung zinc, magnesium serta zat besi.

Nah di antara beberapa bahan yang bisa dijadikan sebagai pengganti gula tersebut, kira-kira mana yang paling cocok untukmu?

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

japanese milk bun

Lagi viral, ini cara bikin Japanese milk bun gampang ala Kitchen of Indonesia

memasak udang

Supaya masakan udangmu lebih mantul, perhatikan ini ya