Bisa ditumis atau direbus, ini manfaat mengonsumsi kacang panjang

manfaat kacang panjang
Foto: freepik/awaygy

Kacang panjang termasuk salah satu jenis sayuran yang cukup familiar bagi masyarakat Indonesia. Kerap diolah jadi tumisan, kacang panjang juga tak jarang dijadikan isian untuk sayur lodeh, sayur asam, pecel, gado-gado serta berbagai hidangan lainnya. Meski tampak sederhana dan mudah didapatkan di pasar-pasar, kacang panjang juga punya banyak manfaat yang bagus untuk tubuh.

Di antaranya, berikut beberapa manfaat mengonsumsi kacang panjang yang bisa didapatkan.

Menangkan radikal bebas

Salah satu kandungan yang dimiliki oleh kacang panjang dengan manfaat luar biasa untuk tubuh adalah vitamin C. Di mana kandungan ini dapat menjadi antioksidan yang bermanfaat dalam mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang diterima oleh tubuh. Pasalnya radikal bebas yang menumpuk dalam tubuh dapat menyebabkan kanker hingga penyakit jantung.

Mengatasi anemia

Kacang panjang juga termasuk salah satu sayuran yang memiliki berbagai kandungan mineral di dalamnya. Kandungan ini diyakini berperan dalam memicu perkembangan sel darah merah sehingga dapat membantu menambah darah dan mengatasi anemia.

Dapat juga memperkuat tulang tubuh

Selain vitamin C serta mineral, kacang panjang juga mengandung vitamin K yang bagus untuk tulang. Kandungan ini juga didukung dengan adanya kandungan kalsium dalam kacang panjang. Sehingga mengonsumsi kacang panjang juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan otot.

manfaat mengonsumsi kacang panjang
Foto: freepik/thanthima

Baca juga: Bedakan mitos dan fakta, ini khasiat serta manfaat cuka apel

Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C sejak dulu diyakini memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh, di antaranya yaitu dapat memberi dampak yang baik bagi kesehatan kulit. Misalnya mengurangi keriput, memperlambat proses penuaan hingga mencegah kanker kulit.

Baik untuk ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan berbagai asupan penting untuk kehamilan dan janinnya. Salah satunya adalah asam folat. Di mana kandungan ini juga terdapat dalam kacang panjang. Sehingga dengan mengonsumsi kacang panjang yang cukup selama kehamilan, dapat membantu menjaga kesehatan kehamilan dan bayi.

kandungan kacang panjang
Foto: freepik/moxumbic

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

taiwan food

5 negara yang terkenal dengan wisata kulinernya, ada di bucket list mu?

tips menyimpan tepung

Agar kualitas tepung tetap terjaga, ini cara menyimpan tepung yang benar