Bingung pilih jenis tepung untuk membuat makanan kesukaan? Pelajari perbedaannya!

image source: freepik.com

Saat akan membuat makanan atau camilan yang berbahan tepung, terkadang kita bingung untuk menggunakan jenis tepung apa. Pasalnya, terdapat berbagai jenis tepung yang sering kita dengar namun kita belum mengetahui berasal dari apa berikut kegunaannya. Kesalahan memilik tepung dalam membuat makanan bisa menyebabkan makanan yang kamu buat jadi gagal, baik menjadi terlalu keras, atau terlalu lembek. Untuk menghindari kegagalan itu terjadi, yuk kenali jenis-jenis tepung beserta kegunaannya.

  1. Tepung terigu

Siapa yang tidak mengenal tepung ini? Tepung yang berasal dari biji gandum kupas ini mungkin merupakan yang paling familiar dengan kita karena ditemukan di banyak makanan sehari-hari. Tapi, sebenarnya tepung terigu ini terbagi lagi menjadi tiga jenis sesuai kadar protein yang dikandungnya, lho.

a. Tepung terigu protein tinggi (11-13% protein)

Kandungan proteinnya yang tinggi membuat tepung ini mudah dicampur dengan bahan lain, difermentasi, bersifat elastis dan daya serap air tinggi. Karena hal itu, tepung protein tinggi ini cocok digunakan dalam membuat makanan bertekstur liat seperti mie, roti, dan pasta.

image source: freepik.com

b. Tepung terigu protein sedang (10-11% protein)

Nah ini dia yang disebut tepung terigu serba guna karena merupakan percampuran antara terigu protein tinggi dengan terigu protein rendah. Kandungan proteinnya yang medium cocok digunakan untuk membuat adonan fermentasi dengan tingkat pengembangan sedang seperti donat, bakpau, aneka cake dan muffin.

image source: freepik.com

c. Tepung terigu protein rendah (8-9 % protein)

Ingin membuat kue kering, biskuit, dan pie crust anti gagal? Gunakanlah tepung terigu rendah protein. Tepung ini dibuat dari gandum lunak, dengan karakteristik daya serap air yang rendah sehingga tidak elastis, lengket, dan daya pengembangannya rendah. Cocok sekali untuk menghasilkan kue-kue yang tidak memerlukan proses fermentasi dan hasilnya crunchy.

image source: freepik.com
  1. Tepung jagung

Tepung yang satu ini bisa dibilang multifungsi, lho. Ingin mengentalkan capcay? Tambahkan sedikit tepung yang dicairkan ke dalam masakan. Ingin memebuat cookie lebih renyah? Campurkan terigu protein rendahmu dengan tapung jagung. Kalau kamu ingin membuat cake dan sponge-mu lebih lembut, tambahkan juga tepung ‘ajaib’ ini. Tepung ini memiliki tekstur yang hampir sama dengan terigu namun berwarna lebih pucat dan keruh. Tepung jagung sering disebut juga tepung maizena karena merek dagang itu sudah sangat melekat di ingatan masyarakat Indonesia.

image source: masakapahariini.com

 

  1. Tepung tapioka atau tepung kanji

Penggemar cilok, cilung, dan aci-aci lainnya harus mengenal tepung ini. Berasal dari singkong, tepung ini hampir tidak mengandung protein sama sekali. Jika dipanaskan, adona tepung ini akan lengket dan mengental sehingga cocok sekali untuk membuat pempek, jajanan Sunda yang berawalan aci (cimol, cilok), menjadi campuran bakso, sampai boba.

 

  1. Tepung ketan dan beras

Tepung ini berasal dari beras yang ditumbuk halus. Tepung ketan biasa digunakan dalam pembuatan kue-kue tradisional bertekstur liat dan kenyal, seperti onde-onde, klepon, bugis. Sementara itu, tepung beras bertekstur lebih halus dari tepung ketan dan digunakan dalam pembuatan surabi, nagasari, rempeyek, dan bihun.

image source: google

 

  1. Tepung Hunkwe

Tepung ini berasal dari kacang hijau yang dihaluskan sehingga menciptakan tepung yang lebih kasar dari tepung terigu dan memiliki aroma harum. Tepung ini memiliki kegunaan yang hampir mirip dengan tepung jagung atau maizena. Biasanya tepung hunkwe digunakan untuk membuat kue lapis, cendol, atau es gabus, jajanan masa kecil yang melegenda.

image source: thegorbalsla.com

 

Itulah beberapa jenis tepung yang perlu kamu tahu. Setelah ini, semoga kamu tidak salah pilih tepung lagi ya, kalau mau membuat makanan kesukaan!

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cuma mengenal garam meja? Kenalan yuk, dengan jenis garam lainnya!

Ingin mendekor ulang dapurmu? Inspirasi gaya dapur berikut ini bisa wujudkan dapur idamanmu, lho!