Selain bikin makan jadi lebih nikmat, ini manfaat menyantap makan dengan tangan

source: freepik.com

Sejak dulu, Indonesia terkenal dengan tradisi makan besarnya, yang tentunya dilakukan bersama banyak orang dalam rangka berbagai acara. Sebut saja ngeliwet, tradisi makan nasi liwet bersama-sama, lengkap dengan lauk pauknya yang biasa dilakukan oleh masyarakat Sunda. Di Bali, tradisi makan bersamanya disebut megibung, sedangkan di Tanah Minang disebut bajamba (barapak).

Megibung. Source: thehoneycombers.com

Hampir setiap daerah di indonesia memiliki tradisi makan bersama dengan sebutan yang berbeda-beda, namun ada satu hal yang menjadi ciri khas dalam setiap tradisi makan bersama itu, yaitu makan menggunakan tangan langsung alias tanpa sendok.

Baca juga: Ternyata Ini Lho Manfaat Makan Bersama Keluarga

Makan menggunakan tangan mungkin akan membuat kamu berpikir dua kali untuk saat ini, karena kekhawatiran akibat isu virus Corona. Tapi kalau kamu menjaga kebersihan sebelum makan dengan cuci tangan pakai sabun, sebenarnya kamu tidak perlu ragu untuk makan dengan tanganmu kok. Apalagi, ternyata makan langsung dengan tangan memiliki manfaat untuk tubuhmu, lho! Apa saja sih, manfaatnya?

Melancarkan proses pencernaan

source: freepik.com/katemangostar

Bukan hanya kita yang bisa kaget, perut kita juga bisa kaget, lho, ketika kita makan tanpa “persiapan” dari organ tubuh kita yang lain. Saat menyentuh makanan, saraf-saraf yang ada di ujung jari-jari kita mulai bekerja dengan mengirim pesan ke otak bahwa kita akan makan, termasuk informasi mengenai suhu makanan, tingkat kepedasan dan tekstur makanan. Otak kemudian mengirim sinyal ke perut kita sehingga mulai melepaskan cairan dan enzim yang dibutuhkan dalam proses pencernaan. Dengan begitu, perut kita tidak akan kaget dengan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, dan proses pencernaan menjadi lebih baik.

Meningkatkan kekebelan sistem pencernaan
Jangan salah sangka, tidak semua yang disebut bakteri itu berbahaya, lho. Salah satunya adalah bakteri yang secara alami ada di sela-sela jari dan telapak tangan kita. Bakteri ini yang akan melindungi tubuh dari bahaya mikroba lain yang berasal dari lingkungan luar. Ketika kita makan dengan tangan, bakteri baik tersebut ikut tertelan sehingga meningkatkan kekebalan alami usus kita.

Membantu menjaga porsi makan yang seharusnya

source: freepik.com

Buat kamu yang sedang diet, tanganmu bisa berperan sebagai polisi yang mengatur porsi makanmu. Kita bisa fokus pada rasa dan aroma makanan ketika kita makan menggunakan tangan. Akibatnya, kita jadi lebih sadar dan bisa makan secara perlahan sehingga mempercepat efek kenyang. Sudah tahu, kan, bahwa makan tergesa-gesa dapat memperburuk pencernaan, apalagi dalam porsi yang banyak?

Baca juga: Tips Diet Spiderman Tom Holland, Biar Tubuh Fit Seperti Super HeroTernyata Ini Lho Manfaat Makan Bersama Keluarga

Dilansir dari spoonuniversity.com, begini tips mengukur porsi makan kita:

a. Untuk protein (daging, telur, dan kacang-kacangan), porsinya sebesar telapak tangan kita.
b. Porsi karbohidrat harus cukup untuk mengisi kedua tangan yang ditangkupkan
c. Porsi sayuran harus sebesar telapak tangan, dan
d. Porsi lemak (mentega), cukup seukuran ibu jari.

Bagaimana? Semakin semangat nih, untuk makan nasi Padang dengan tangan!

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Membuat Susu Edamame Kayu Manis Jahe

Sama-sama menggoyang lidah, ini perbedaan nasi Padang dengan nasi Kapau