Bikin Makan Jadi Makin Lahap, Mana Jenis Kerupuk Favoritmu?

kerupuk bawang
Foto: bawang-berrykitchen.com

Indonesia punya banyak banget jenis kerupuk. Bahan untuk membuatnya pun beragam. Sering digunakan sebagai makanan pendamping nasi, tapi kerupuk juga tak jarang dijadikan cemilan. Dari sekian banyaknya jenis kerupuk di Indonesia, mana yang paling jadi favoritmu?

Jenis Kerupuk ‘Blek’

Kerupuk yang satu ini paling sering ditemui di warung-warung, toko kelontong area perumahan atau di restoran. Sering kali disebut kerupuk ‘blek’ karena dijual dalam wadah blek atau kaleng besi yang khas. Kerupuk yang satu ini jadi salah satu kerupuk favorit untuk makan nasi dan sambal. Ada juga yang menyebut kerupuk renyah ini kerupuk uyel.

kerupuk blek
Foto: wikimedia.org

Kerupuk Bawang

Disebut dengan kerupuk bawang karena kerupuk ini dibuat menggunakan tepung tapioka dan bawang putih. Aroma dan citarasa kerupuk ini sangat khas. Citarasanya yang gurih membuat kerupuk ini bukan hanya cocok untuk dimakan dengan nasi putih, tapi juga bisa untuk cemilan.

kerupuk bawang
Foto: bawang-berrykitchen.com

Kerupuk Udang

Kerupuk udang yang dijual di pasar cukup beragam ukurannya. Mulai dari yang berukuran lebar hingga yang berukuran kecil. Warnanya cenderung lebih kemerahan dibanding kerupuk bawang atau kerupuk ikan. Biasanya kerupuk ini dijadikan pendamping makanan seperti soto atau rawon.

kerupuk udang
Foto: Istimewa

Kerupuk Puli

Bahan utama yang digunakan kerupuk ini adalah beras. Karena itu biasanya tekstur kerupuk ini cukup kasar. Meski begitu dengan rasa yang gurih dan renyah, kerupuk ini sering kali jadi cemilan favorit. Di beberapa kota, kerupuk ini bisa dijadikan pendamping nasi seperti pecel.

kerupuk puli
Foto: pondokrungan.myolsera.com

Kerupuk Pasir Atau Kerupuk Upil

Disebut kerupuk pasir karena proses penggorengannya yang memang tidak menggunakan minyak, melainkan pasir. Selain sering disebut kerupuk upil, kerupuk ini juga sering disebut kerupuk melarat.

kerupuk upil
Foto: Istimewa

Kerupuk Ikan

Kekayaan ikan dari perairan Indonesia ternyata juga dimanfaatkan untuk kerupuk. Jenis ikan yang digunakan sebagai bahan pembuatannya pun cukup beragam. Mulai dari ikan tenggiri, ikan tongkol, bandeng, nila serta berbagai jenis ikan lainnya.

jenis kerupuk ikan
Foto: cookpad/Lusiana Lingling

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

buah untuk orang sakit

Buah dan Minuman yang Menghidrasi Tubuh Di Saat Sakit

gorengan

Aneh, Tapi Makanan Ini Lebih Enak Beli Di Luar Dibanding Bikin Sendiri