Berlibur ke Maluku, jangan lupa mencicipi deretan kuliner khas Maluku ini

bubur sagu ubi
Foto: instagram/gerilya.coffee

Ragam kuliner Maluku termasuk salah satu kekayaan bangsa yang tak bisa dianggap sepele. Ada banyak sekali makanan dan minuman yang lezatnya tak perlu lagi diragukan. Di antaranya, ini lho 5 deretan kuliner khas Maluku yang tak boleh dilewatkan.

Papeda

Papeda termasuk salah satu makanan khas Maluku dan Papua yang namanya sudah cukup populer. Dengan bahan dasar tepung sagu, papeda memiliki tekstur lengket dan kental. Bahkan tekstur ini membuatnya tampak seperti lem. Meski begitu, papeda mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi dengan kandungan kalori yang rendah.

papeda kuliner khas maluku
Foto: instagram/dad_dish

Gohu Tuna

Sudah tahu belum kalau ternyata Indonesia punya olahan ikan mentah? Namanya Gohu Tuna, makanan khas Maluku. Dengan bahan dasar ikar tuna yang telah dipotong dan dibersihkan, hidangan ini disajikan dengan campuran beberapa bahan untuk memperlezat citarasa ikan.

gohu ikan tuna
Foto: anakjajan.com

Bubur Sagu Ubi

Sagu termasuk salah satu bahan utama yang cukup populer untuk membuat aneka hidangan. Salah satunya termasuk bubur sagu ubi yang sudah dikenal luas. Dengan bahan sagu lempengan, gula merah, gula pasir, daun pandan serta ubi merah yang direbus, bubur sagu ubi biasa disajikan dengan santan kental dan taburan kenari.

bubur sagu ubi
Foto: instagram/gerilya.coffee

Baca juga: Berwisata ke Kota Proklamator, jangan lupa mencicipi kuliner khas Blitar ini

Kopi Rarobang

Maluku juga punya racikan kopi khasnya. Dengan campuran kopi robusta, jahe putih, madu serta taburan biji kenari, kopi rarobang tentu punya rasa dan tekstur yang berbeda dengan kopi khas daerah lain. Karena itu, terutama untuk pecinta kopi, kopi rarobang termasuk yang tak boleh dilewatkan kelezatannya.

kopi rarobang khas maluku
Foto: Istimewa

Nasi Lapola

Meski sama-sama berbahan dasar beras seperti halnya menu nasi yang lain, namun nasi lapola punya keistimewaan berbeda. Karena beras dalam hidangan ini dimasak dengan kacang tolo yang sejenis dengan kacang kedelai merah.

nasi lapola makanan khas maluku
Foto: instagram/pangarep_jagad

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

wedang ronde

Mulai masuk musim hujan, makanan ini siap-siap diburu

resep kue talam ubi

Resep kue talam ubi, kue tradisional yang lembut dan gurih