Berbahan Sayur, Ini Salad Khas Indonesia Penuh Kearifan Lokal

gado-gado
Foto: veroathome.com

Kamu penggemar salad? Makanan yang menggunakan bahan utama sayur atau buah-buahan ini punya banyak sekali peminat. Tak jarang menu ini juga dianggap menyehatkan. Tapi kamu pasti tahu kan kalau Indonesia juga punya salad versinya sendiri? Berbeda dari salad yang berasal dari Eropa, salad khas Indonesia tak menggunakan mayonnaise sebagai sausnya. Lalu seperti apa salad khas Indonesia yang penuh dengan kearifan lokal ini?

Gado-Gado

Sayuran yang biasanya digunakan dalam campuran gado-gado ada kecambah, kacang panjang, kentang, selada, juga ada irisan tahu, tempe dan telur rebus. Dengan saus kacang, biasanya gado-gado disajikan dengan kerupuk melinjo atau kerupuk bawang. Jika ingin lebih kenyang, tak jarang irisan lontong pun ditambahkan di dalamnya.

gado-gado
Foto: veroathome.com

Pecel

Seperti gado-gado, pecel juga merupakan salah satu salad khas Indonesia yang disajikan dengan siraman saus kacang. Sayur yang digunakan biasanya terdiri dari kangkung, kacang panjang, kecambah, mentimun, daun bayam serta daun kemangi. Biasanya peyek kacang disajikan sebagai pendamping.

pecel
Foto: pegipegi.com

Karedok

Jika pecel dan gado-gado menggunakan sayuran rebus, maka karedok salad Indonesia yang berasal dari Jawa Barat ini menggunakan sayur mentah. Inilah yang kemudian membuat karedok dianggap lebih segar. Biasanya karedok dinikmati bersama dengan nasi hangat.

karedok
Foto: Instagram/mariaulfah1357

Urap-Urap

Meski sama-sama berbahan sayur, menu yang satu ini cukup berbeda cara penyajiannya. Dengan campuran beberapa sayur seperti kecambah, kacang panjang, kangkung, sayur-sayuran tersebut disajikan dengan parutan kelapa yang telah dibumbui merah. Menu jawa yang satu ini biasa dimakan bersama nasi putih.

urap-urap salad khas indonesia
Foto: jeroersaniatabanan.wordpress.com

Rujak

Indonesia punya beberapa jenis rujak. Mulai dari yang menggunakan bahan sayuran hingga rujak manis yang menggunakan irisan aneka buah-buahan. Biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang dihaluskan bersama cabe dan petis. Citarasanya pun manis, pedas dan unik.

rujak manis
Foto: yangpaling.com

Asinan

Menu yang satu ini sangat berbeda dengan menu-menu salad ala Indonesia yang telah disebutkan sebelumnya. Campuran irisan buah dan sayurnya disajikan dengan kuah yang telah dibumbui. Rasanya sangat unik.

kuliner khas bogor
Foto: Instagram/jogjabikinlaper

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

piring keramik

Sering Digunakan, Apa Keunggulan Yang Dimiliki Piring Keramik?

kroket tuna

Kroket Tuna, Cemilan Tradisional Dari Rumah Nenek