Bikin ngiler, ini makanan-makanan yang kerap muncul di anime

Harus dicoba bagi kamu yang ngaku pecinta anime!

source: the-arcade.ie

Anime adalah sebutan untuk kartun Jepang. Sama seperti film atau karya seni lainnya, anime juga memiliki berbagai genre dengan cerita yang variatif. Seringkali penonton diajak berimajinasi dan berfantasi melalui cerita-cerita yang menarik, namun tidak jarang pula anime menyuguhkan cerita yang lekat dengan keseharian atau menggugah empati, misalnya seperti anime-anime yang berlatar belakang situasi perang.

Betapapun variatif cerita dan genrenya, satu hal yang tentu tidak pernah terlewat dari sebuah anime adalah keberhasilannya dalam mengundang rasa lapar penonton lewat adegan yang melibatkan makanan. Adegan-adegan makan atau yang hanya menampilkan gambar makanan tanpa aktivitas makan itu sendiri, merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi anime addict maupun yang hanya sebatas penikmat. Pasalnya, sesederhana apapun jenis makanan yang ditampilkan, akan tetap terlihat menggoda dan bikin perut tiba-tiba keroncongan meski baru makan.

Nah, kalau kamu adalah pecinta anime, pastikan kamu sudah mencoba makanan-makanan yang kerap tampil di anime ini ya!

1. Takoyaki

source: wandercooks.com

Makanan yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi kamu, karena mudah ditemui di pedagang kaki lima di Indonesia. Takoyaki berasal dari tako (gurita) dan yaki (panggang), yang berarti di negara asalnya takoyaki adalah camilan yang dipanggang dengan isian gurita. Di atasnya kemudian ditaburi serpihan ikan bonito (cakalang) kering, jenis ikan yang masih kerabatan dengan tuna. Kalau di Indonesia, takoyaki mulai dimodifikasi dengan berbagai isian, antara lain sosis, smoked beef, dan cumi.

Baca Juga: Cara mengolah gurita agar tak keras dan enak dimakan

Sekedar info buat kamu yang memang belum pernah mencoba takoyaki, camilan ini berbentuk bulat, berbahan dasar tepung terigu, telur, dan bahan lainnya. Kamu bisa memakan takoyaki dalam sekali lahapan karena bentuknya yang mungil dan teksturnya yang terasa sedikit meleleh ketika ia telah mendarat di lidahmu. Biasanya takoyaki disajikan dengan mayones, rumput laut kering, dan tentunya saus takoyaki.

Makanan ini muncul di beberapa anime, antara lain Diabolik Lovers dan No Game No Life.

source: itadakimasu-anime.tumblr.com

 

2. Taiyaki

source: japanesestation.com

Meski namanya hampir mirip dengan makanan sebelumnya, taiyaki ini berbeda, lho, dengan takoyaki. Taiyaki adalah kue berbentuk ikan yang juga populer di jajaran street food di Jepang. Taiyaki ini dibuat dengan adonan panekuk atau waffle, kemudian diberi isian. Isian yang paling umum adalah pasta kacang merah. Isian lain yang biasanya juga ditemukan pada taiyaki adalah cokelat, custard, kentang, dan bahkan sosis. Tekstur taiyaki bisa renyah, lembut, berukuran tebal atau tipis, tergantung pada toko yang membuatnya.

Taiyaki ini juga kerap ditemui di Korea sebagai bungeo-ppang (roti ikan mas), diperkirakan makanan ini bisa masuk ke Korea saat Jepang menguasai negara ini di tahun 1910 sampai 1945.

Beberapa anime yang menampakkan taiyaki antara lain Kanon, Kuragehime, dan Miss Kobayashi’s Dragon Maid.

source: twitter.com/daisuki_net

Baca Juga: Deretan street food dari berbagai negara, beberapa sudah familiar di Indonesia

 

3. Omurice

source: Karsten Moran/cooking.nytimes.com

Makanan yang satu ini juga pasti tidak asing-asing amat, ya, untuk kamu bahkan yang bukan penggemar anime. Omurice ini kerap muncul di anime sebagai makanan yang biasa digunakan untuk menyampaikan perasaan sayang kepada seseorang. Hal itu mungkin dikarenakakan telur dadar yang memberi ruang untuk seseorang menulis atau menggambar perasaannya dengan saos. Ya, omurice memang terdiri dari dua bagian utama, yaitu omu (omelet), dan rice (nasi). Nah, omelet ini nantinya akan membungkus nasi goreng dan bagian atas omelet itu diberi saos yang bisa dibentuk sesuai selera saat menuangkannya.

Meski terkesan sederhana, pada kenyataannya untuk membuat omeletnya bisa membungkus nasi goreng dengan sempurna tidak semudah yang dibayangkan, lho. Kalau belum terbiasa, bisa-bisa telur robek dan isiannya yang berupa nasi goreng jadi kelihatan.

Kalau kamu ingin membuat omurice sambil nonton anime, Hanasaku Iroha episode 20 bisa jadi pilihan tepat karena di anime tersebut dijelaskan cara membuat omurice, bahkan dengan dua metode yang berbeda!

source: itadakimasuanime.wordpress.com

 

4. Miso soup

source: touristjapan.com

Sup miso atau dalam bahasa Jepang disebut misoshiru, adalah sup tradisional Jepang yang terdiri atas dua bahan utama, yaitu kaldu (dashi) dan pasta miso lunak. Kaldu untuk miso soup biasanya terbuat dari baby sarden kering, rumput laut kering, serutan ikan cakalang kering, atau jamur shitake kering. Sementara itu, miso adalah bumbu tradisional Jepang yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dengan garam dan jamur kojikin, kadang juga dengan nasi, barley (jelai), dan bahan lainnya.

Baca juga: Resep sup kacang merah, hidangan lezat dan sehat yang cocok untuk musim hujan

Bahan lain yang ditambahkan ke dalam sup biasanya berbeda-beda, tergantung musim dan selera pribadi. Pada beberapa sup miso ditambahkan tahu,  jamur, kentang, rumput laut, bawang, udang, ikan, atau kerang. Namun, miso soup biasanya tidak mengandung terlalu banyak bahan selain kaldu dan pasta miso. Miso soup cocok sekali dimakan bersama-sama keluarga untuk menambah kehangatan.

‘Penampakan’ miso soup muncul pada anime antara lain Gin no Saji season 2 dan Nisekoi.

source: itadakimasu-anime.tumblr.com

 

5. Parfait

source: timeout.com

Meskipun makanan yang satu ini bukan berasal dari Jepang, parfait sering banget muncul di berbagai anime dan memang cukup digemari di Jepang. Karena itu, parfait pantas masuk dalam salah satu makanan yang wajib dicoba bagi para pecinta anime.

Parfait aslinya berasal dari Prancis, yang berarti perfect (sempurna), merupakan makanan penutup yang dibekukan. Parfait dibuat dari kuning telur, gula, dan krim kocok. Penyajiannya dapat ditambahkan dengan berbagai bahan lain, seperti coklat, kopi, kacang, dan buah-buahan.

Beberapa anime yang menampilkan parfait antara lain Working!, Koi wa Ameagari no You ni, dan Uta no Prince-sama Maji Love 2000%.

source: itadakimasu-anime.tumblr.com

Menonton anime memang membawa kesan tersendiri ya, tidak terkecuali membuat mata dan perut lapar! Dari daftar makanan yang kerap muncul di anime tadi, mana yang menjadi favoritmu?

 

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Biar Tidak Bosan di Rumah Yuk Bikin Edamame Bento

Upgrade Resep Onigiri Lebih Nikmat dan Sehat Pakai Edamame