Bentuk Keberagaman Kuliner, Ini Beberapa Jenis Soto Di Indonesia

soto banjar
Foto: whattocooktoday.com

Indonesia kaya akan keberagaman kuliner. Satu menu makanan saja, beberapa daerah punya racikan khasnya masing-masing. Sehingga antara satu daerah dengan daerah lain punya citarasa dan keunikan sendiri. Misalnya seperti soto. Ada beberapa jenis soto di Indonesia dari berbagai daerah.

Soto Lamongan

Salah satu soto yang populer di Indonesia adalah soto lamongan, khas dari Lamongan, Jawa Timur. Ciri khasnya adalah koya yang terbuat dari remahan kerupuk udang yang biasa ditaburkan di atas soto. Sehingga koya ini membuat soto menjadi lebih gurih dan lezat. Biasanya soto lamongan dihidangkan dengan suwiran ayam, telur, bihun serta potongan kubis.

soto lamongan
Foto: Pinterest

Soto Madura

Berbeda dengan Soto Lamongan yang menggunakan suwiran ayam, Soto Madura menggunakan bahan dasar daging sapi sebagai isiannya. Dalam penyajiannya, biasanya Soto Madura juga dilengkapi dengan telur, kentang goreng serta kecambah.

soto madura
Foto: fithrotal_chaq

Soto Betawi

Seperti halnya Soto Madura, Soto Betawi juga menggunakan potongan daging sebagai bahan utama isiannya. Namun pada Soto Betawi biasanya kamu juga bisa mendapati adanya jeroan dalam setiap mangkoknya. Dengan kuah yang lebih pekat, Soto Betawi biasanya terdapat santan atau susu dalam bahan pembuatan kuahnya. Yang membuat lebih lezat, Soto Betawi kerap disajikan dengan emping.

soto betawi
Foto: instagram/gedeinperut

Baca Juga: Terkenal Dengan Nasi Gorengnya, Ini 5 Nasi Goreng Khas Indonesia

Soto Banjar

Salah satu keunikan Soto Banjar adalah kuahnya yang tidak menggunakan kunyit sebagai bumbu. Karenanya kuah Soto Banjar tak berwarna kuning seperti Soto Lamongan, Soto Madura atau Soto Betawi. Lauk untuk penyajiannya pun selain terdapat irisan ayam, biasanya juga menggunakan perkedel serta telur.

soto banjar indonesia
Foto: whattocooktoday.com

Soto Kudus

Salah satu keunikan Soto Kudus adalah bahan isiannya yang menggunakan daging ayam atau daging kerbau sebagai lauknya. Hal ini sebagai cara Sunan Kudus menunjukkan sikap toleransinya pada umat Hindu yang tidak memakan sapi karena dianggap sebagai hewan yang disucikan. Dengan kuah lebih bening, soto yang berasal dari Kudus ini memiliki citarasa yang gurih dan lezat.

soto kudus
Foto: lucy_apriani

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

manfaat madu

Banyak Yang Menyarankan, Sebenarnya Apa Sih Manfaat Konsumsi Madu?

acar indonesia

Beda-Beda, Ini Acar Dari Berbagai Negara