Pendamping Ketupat, Ini Beberapa Menu Keluarga Yang Bisa Kamu Hidangkan

menu ketupat
Foto: Shutterstock

Sudah jadi rahasia umum kalau ketupat merupakan menu khas yang identik dengan lebaran. Tapi untuk menikmati ketupat tentu butuh makanan pendamping. Misalnya dinikmati dengan sambal goreng ati. Tapi selain itu, ada beberapa menu lain yang umum dihidangkan sebagai pendamping ketupat sebagai menu lebaran.

Menu Lebaran Opor Ayam

opor ayam
Foto: happyfresh.id

Bicara tentang lebaran, opor pastinya tak bisa dilupakan. Bahkan saking mainstreamnya opor ayam jadi pasangan ketupat, rasanya lebaran kurang lengkap kalau belum makan opor ayam. Dengan cita rasanya yang khas, kehadiran opor ayam memang patut dinanti-nantikan saat lebaran tiba sebagai menu keluarga.

Gulai Kepala Ikan

Gulai kambing biasanya jadi salah satu menu yang bisa menjadi pendamping ketupat saat lebaran. Tapi jika kamu ingin sedikit berbeda, kamu bisa menggantinya dengan gulai kepala ikan. Sebagai menu hidangan keluarga saat lebaran, kamu pun tak perlu khawatir akan kolesterol.

Dengan aroma khas, gulai kepala ikan selalu mampu membangkitkan nafsu makan untuk makan lagi dan lagi.

Rendang

rendang
Foto: kitchensanctuary.com

Menu ini memang makanan khas Padang. Tapi makanan ini kini sudah banyak ditemui di banyak tempat dan punya banyak penggemar. Jadi jangan heran kalau rendang juga jadi salah satu menu pendamping ketupat yang biasanya dihidangkan dalam menu keluarga saat lebaran. Meski membuatnya memang cukup membutuhkan usaha, tapi bumbunya yang kental dan wangi membuat ketupat terasa semakin lezat.

Sate

sate
Foto: Shutterstock

Memang paling mainstream menikmati ketupat dengan sate. Tapi jangan remehkan menu ini. Karena sate termasuk menu andalan yang biasa dihidangkan dalam acara keluarga. Tak dipungkiri ketupat dan sate memang seperti pasangan sejati yang susah dipisahkan nih sobs.

Ketupat Sayur

menu lebaran ketupat sayur
Foto: Shutterstock

Jika bosan dengan menu-menu ayam atau daging, ketupat sayur termasuk menu keluarga yang bisa dihidangkan saat lebaran. Rasa kuahnya yang sedikit pedas, cocok dipadukan dengan ketupat yang sedikit manis. Ditambah isian sayurnya yang menyehatkan dan lezat, kamu bisa membuat ketupat sayur dengan tambahan isian seperti udang, tempe, tahu dan telur.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bakso

Menu Buka Bersama Di Rumah Yang Bikin Acara Makin Seru

frozen food

Ditinggal ART Mudik Pun Rumah Tetap Aman Dengan Tips Masak Ini