Banyak yang belum tahu cara mengolah belut yang benar

Foto: freepik/topntp26

Belut termasuk salah satu jenis ikan yang diakui punya rasa gurih dan enak. Karenanya banyak yang menyukai belut. Namun sayangnya, belut bukan termasuk ikan yang mudah diolah. Selain karena amis, pengolahan yang salah juga bisa membuat daging belut jadi keras. Karena itu perlu pengolahan yang tepat agar belut bersih dan lezat disantap.

Langkah pertama

Salah satu keuntungan membeli belut adalah kondisinya yang biasa dijual dalam keadaan hidup. Dengan tubuh yang sangat licin dan bergerak-gerak, belut pun susah dipegang. Langkah pertama, taburi garam dan diamkan. Cara ini akan membuat belut diam dan pingsan.

Langkah kedua

Ambil belut yang sudah diam dan pukul kepalanya dengan ulekan atau batu agar mati. Biasanya belut akan banyak bergerak jika masih hidup. Setelah itu lumuri belut dengan air jeruk nipis untuk menghilangkan amis. Cuci belut setelah 5 menit untuk membersihkan lendirnya.

Langkah ketiga

Buat sayatan di perut belut dan keluarkan isi perutnya karena ini yang bisa membuat belut pahit dan amis. Tarik dari bagian kepala hingga ujung peut, usahakan tidak pecah dan tercampur daging belut. Cuci bersih setelah membuang isi perutnya.

cara mengolah belut yang benar
Foto: hitosara.com

Baca juga: Kurangi penggunaan MSG, coba ganti dengan bahan-bahan alami ini

Langkah keempat

Setelah dicuci bersih, potong-potong belut sesuai selera dan lumuri sedikit garam untuk memberi rasa gurih. Goreng belut cukup setengah matang saja sebelum diolah lebih lanjut, cara ini mampu menghilangkan amisnya.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

resep dan cara membuat hash brown crunchy

Trik membuat hash brown crunchy, paling pas untuk mengganjal lapar

permen stroberi

Lezat, makanan-makanan ini dibuat dari olahan berbagai buah