Bukan hanya daun pisang, bahan ini juga biasa untuk membungkus makanan

bahan yang bisa digunakan untuk membungkus makanan
Foto: Shutterstock

Membungkus makanan dengan daun pisang mungkin sudah tampak familiar. Tapi bagaimana kalau menggunakan daun lainnya atau bagian lain dari tanaman? Karena ternyata selain daun pisang, bahan yang bisa dipakai membungkus makanan juga banyak sekali lho.

Kulit Jagung

Salah satu bahan yang bisa dipakai membungkus makanan adalah kulit jagung. Terbuat dari parutan jagung yang dicampur dengan santan serta gula pasir, lepet jagung dibungkus dengan kulit jagung terlebih dahulu sebelum dimasak. Jajanan yang merupakan kuliner tradisional Jawa Timur ini memiliki citarasa yang cenderung manis dengan tekstur kenyal.

Kreatif ya masyarakat Indonesia? Bukan hanya bagian daging jagungnya saja yang bisa diolah tapi bahkan kulitnya pun bisa dimanfaatkan dengan baik. Dengan kulit jagung yang digunakan sebagai pembungkus, aroma dan citarasa lepet jagung pun jadi terasa lebih mantap.

lepet jagung
Foto: diahdidi.com

Daun Bambu

Rupanya daun bambu juga termasuk salah satu bahan yang sering dijadikan pembungkus makanan. Misalnya saja seperti pembungkus kue gambir khas Bali. Sebelum dijadikan pembungkus makanan, kotoran dan bulu-bulu halus yang ada dipermukaan daun bambu harus dibersihkan lebih dulu kemudian direbus. Setelah sedikit layu, daun bambu pun bisa digunakan sebagai pembungkus makanan.

kue gambir
Foto: kaskus.co.id

Daun Kelapa

Selain daun pisang, daun kelapa atau biasa disebut janur juga termasuk salah satu jenis dedaunan yang sering dijadikan pembungkus makanan. Misalnya untuk membungkus celorot juga ketupat. Namun agar mudah dibentuk, daun kelapa yang digunakan biasanya adalah daun yang masih muda.

Foto: instagram/dinighaliyah

Baca Juga: Kreatif memanfaatkan bahan, makanan ini dibungkus dengan daun pisang

Pelepah Daun Pinang

Tak sedikit yang mengira pembungkus pudak, jajanan khas Gresik ini dari kulit jagung. Padahal sebenarnya bahan yang digunakan adalah pelepah daun pinang (ope) lho. Prosesnya hingga menjadi pembungkus yang cantik ini pun cukup rumit.

Pangkal pelepah daun pinang yang akan digunakan harus disamak terlebih dahulu untuk mengambil kulit dalamnya saja. Kulit bagian dalam tersebut kemudian dibersihkan dan dipotong sesuai ukuran lalu dijahit pinggirannya dengan alur seperti huruf L. Setelah sisi-sisinya tertutup dan pelepah daun bisa dijadikan wadah, baru kemudian adonan dituangkan dan diikat ujungnya. Dengan proses yang cukup rumit ini, tak heran jika pembungkus pudak tampak begitu cantik dan rapi.

bahan yang bisa dipakai membungkus makanan
Foto: tokooleholehgresik

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Resep Aneka Olahan Kacang Hijau, Bikin Kangen Rumah

bahan campuran kopi

Efek negatif kopi yang perlu diketahui agar tak berbahaya bagi tubuh