Makin kaya rasa, ini yang biasa digunakan untuk memberi rasa asam pada masakan

bahan perasa asam pada masakan
Foto: loveisinmytummy.com

Untuk beberapa menu masakan, rasa asam diperlukan untuk memperkaya rasa makanan. Selain cuka, rasa asam ini biasanya juga bisa didapat dari berbagai macam bahan. Dengan bahan yang berbeda, rasa asam yang dihasilkan pun bisa berbeda. Peruntukannya dalam masakan pun bisa berbeda tergantung dari jenis masakannya.

Kira-kira apa saja bahan yang bisa digunakan untuk menambahkan rasa asam pada masakan?

Asam jawa

Asam jawa atau biasa disebut tamarind, termasuk salah satu jenis asam yang populer dan banyak digunakan di Jawa. Biasanya asam jenis ini banyak digunakan untuk membuat sayur asam. Dengan perpaduan rasa yang asam dan manis, asam jawa membuat masakan jadi terasa segar.

Untuk mencampurkannya dalam masakan, biasanya asam jawa dilarutkan dengan air panas. Sehingga ekstrak asamnya bisa didapat dengan lebih maksimal.

Belimbing wuluh

Bahan penambah rasa asam yang satu ini memang sekarang sudah cukup sulit didapatkan di kota-kota besar. Padahal penggunaan belimbing wuluh pada masakan, bisa membuat rasa asam pada makanan berkuah jadi lebih segar dan khas. Biasanya belimbing wuluh digunakan untuk penambah rasa asam pada gulai ikan dan beberapa jenis masakan sejenisnya.

Tomat hijau

Jika belimbing wuluh cukup sulit didapatkan, kerap kali tomat hijau dijadikan pilihan penggantinya. Meski begitu, dalam beberapa masakan seperti ayam garang asem, tomat hijau merupakan bahan penambah rasa asam yang paling utama.

Baca juga: Kemungkinan yang bikin nasi jadi cepat basi

Jeruk nipis

Lebih familiar dan cukup banyak digunakan, jeruk nipis bisa digunakan dalam beberapa menu yang berbeda. Misalnya seperti soto, bakso, rawon hingga ikan bakar. Selain dapat memberi rasa asam pada masakan, jeruk nipis juga kerap digunakan untuk membantu menghilangkan bau amis pada ikan atau bau prengus pada daging.

Nah dengan fungsi dan rasa yang berbeda-beda, tinggal kita sesuaikan sendiri bahan mana yang lebih cocok untuk masakan tertentu.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cara gampang bikin creme brulee

Cara gampang bikin creme brulee, tapi rasa tak perlu diragukan

yang harus dihindari sebelum donor darah

Hindari konsumsi ini sebelum melakukan donor darah