Alasan kenapa harus makan ikan secara rutin, rugi kalau dilewatkan

manfaat makan ikan
Foto: freepik/rudoelena

Bagi masyarakat Indonesia, mengonsumsi ikan sudah jadi hal yang biasa. Terlebih bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di area pesisir pantai atau yang dekat dengan tambak ikan. Tapi selain karena alasan mudah didapat, sebenarnya apa sih alasan kita harus makan ikan secara rutin?

Mengurangi risiko Alzheimer

Salah satu manfaat mengonsumsi ikan secara rutin adalah dapat mengurangi risiko alzheimer yang merupakan penyakit otak degeneratif. Di mana penyakit ini dapat membuat kehilangan ingatan hingga keseimbangan tubuh. Dengan mengonsumsi ikan secara rutin, kesehatan otak pun dapat lebih dijaga termasuk dalam mengurangi risiko penurunan fungsi otak.

Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Ikan juga dapat membantu tubuh untuk mengatur kadar kolesterol dengan baik. Sehingga risiko tekanan darah tinggi pun lebih dapat diminimalisir yang kemudian dapat mengurangi juga risiko terkena serangan jantung dan stroke.

Memperkuat tulang

Tulang yang kuat bukan hanya karena sinar matahari. Tapi bisa juga karena makanan yang dikonsumsi. Salah satunya dengan mengonsumsi ikan secara rutin, terlebih ikan laut. Pasalnya ikan laut merupakan makanan yang kaya akan vitamin D dan kalsium. Di mana kedua kandungan ini memiliki peranan penting untuk kesehatan tulang.

alasan harus mengonsumsi ikan secara rutin
Foto: freepik/dashu83

Baca juga: Cara Menyimpan Ikan Agar Tahan Lama Awetnya

Memperbaiki kualitas tidur

Selain berguna untuk kesehatan tulang, vitamin D yang dimiliki ikan juga dapat membantu memperbaiki dan meningkatkan kualitas tidur. Kualitas tidur yang lebih baik tentunya juga dapat memberi efek positif pada fungsi dan kesehatan tubuh.

Baik untuk kesehatan mata

Ada berbagai jenis ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 tinggi di dalamnya. Kandungan ini selain baik untuk kesehatan otak, juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Risiko terserang penyakit mata seperti degenerasi makula serta kerusakan retina pun lebih dapat diminimalisir dengan kandungan ini.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

beberapa makanan pengganti sayur-sayuran

Anak kerap tak suka sayuran, coba ganti dengan makanan pengganti sayuran ini

resep dan cara membuat spaghetti tuna creamy carbonara

Spaghetti tuna creamy ala Kitchen of Indonesia, praktis namun mewah