Agar Gorengan Tidak Terlalu Berminyak, Coba Lakukan Ini

gorengan agar tidak terlalu berminyak
Foto: Istimewa

Gorengan termasuk salah satu kudapan yang begitu populer dan sangat digemari di Indonesia. Tapi kalau terlalu berminyak, akan mempengaruhi rasa jadi kurang enak. Nah agar gorengan tidak terlalu berminyak, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Kualitas dan kebersihan minyak harus diperhatikan

Minyak yang baru dipakai sekali dengan minyak yang telah digunakan berkali-kali untuk menggoreng, tentu menghasilkan kualitas gorengan yang berbeda. Tapi tak selalu harus menggunakan minyak baru, minyak yang sudah digunakan sebelumnya pun masih bisa digunakan lagi dengan cara menyaring kotoran atau remahan gorengan sebelumnya.

Besarnya api juga mempengaruhi hasil gorengan

Memanaskan minyak dengan menggunakan api kecil memang membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun dengan cara tersebut, panas yang dihasilkan bisa lebih merata. Sehingga saat digunakan untuk menggoreng pun, hasilnya lebih bagus dan gorengan lebih matang sempurna.

Cara memasukkan gorengan pun ternyata berpengaruh

Memasukkan gorengan dalam jumlah banyak secara bersamaan dalam satu wajan, ternyata dapat mempengaruhi hasil gorengan lho. Pasalnya jika terlalu penuh, suhu minyak pun dapat turun. Yang kemudian membuat gorengan jadi berlebihan menyerap minyak. Karena itu ada baiknya jika memasukkan gorengan satu per satu dan tidak mengisi wajan terlalu penuh, sehingga suhu panasnya lebih merata dan matangnya pun lebih sempurna.

Baca Juga: Cara Menggoreng Tahu Sutra Agar Tidak Hancur Dan Rusak

Tiriskan dengan menggunakan saringan

Jangan buru-buru meletakkan gorengan yang baru diangkat dari wajan ke dalam piring. Sebaiknya gunakan saringan untuk membiarkan minyak menetes terlebih dahulu. Hentak-hentakkan saringan secara perlahan selama beberapa saat untuk memastikan minyak benar-benar menetes.

Gunakan kertas tisu atau kertas resap

Setelah meniriskan gorengan menggunakan saringan, langkah terakhir adalah menggunakan kertas tisu atau kertas resap untuk memastikan minyak dari gorengan benar-benar menetes maksimal. Sehingga dengan begitu, gorengan pun tak terlalu berminyak dan lebih jadi lezat saat disantap.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

manfaat ikan sarden

Sering Dijadikan Makanan Kaleng, Ternyata Ini Lho Manfaat Ikan Sarden

buah mangga

Musim Mangga, Ternyata Ini Lho Manfaat Buah Idola Banyak Orang Ini Buat Tubuh