Agar Aman Untuk Anak, Ini Cara Menata Dapur Ramah Anak

cara membuat dapur ramah anak
Foto: Pinterest

Dapur menjadi salah satu bagian penting dalam rumah. Tanpa disadari berbagai kegiatan ringan juga sering dilakukan di dapur. Sehingga keluar masuk dapur pun sudah menjadi hal yang biasa. Salah satunya termasuk memasak sambil bermain atau menjaga anak. Anak pun terbiasa di dapur dan bermain di sana. Tapi sadar kah kalau dapur bisa menjadi tempat yang berbahaya untuk anak? Mengingat di dapur tersimpan berbagai peralatan dan benda tajam. Karenanya, demi menjaga keamanan anak tak ada salahnya kalau dapur rumah pun ditata sedemikian rumah agar ramah anak. Tapi bagaimana cara menata dapur ramah anak?

Cara Menata Dapur Ramah Anak Itu Bisa Dengan Menyimpan Benda Tajam Di Tempat Tersembunyi

Anak-anak biasa memiliki rasa penasaran yang cukup tinggi. Termasuk ketika mereka melihat benda-benda tajam yang diletakkan di ruang terbuka. Karena itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu bisa menyimpan benda-benda tajam seperti pisau dan gunting di tempat tersembunyi. Gunakan area belakang pintu kitchen set atau laci tertutup yang susah dijangkau anak. Kamu juga bisa meletakkan piring dan berbagai peratan pecah belah lainnya yang mudah pecah di tempat aman sehingga tak mudah dijangkau.

dapur ramah anak
Foto: Pinterest

Posisikan Kompor Di Area Yang Sulit Dijangkau Anak

Kompor serta tabung gas termasuk benda yang berbahaya dan perlu dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Selain meletakkan kompor dan tabung gas di tempat yang susah dijangkau anak, kamu juga bisa memasang pengaman pada kompor seperti stove guard atau knob cover. Pengaman itu berfungsi untuk menghindari kemungkinan anak memutar kompor secara sembarangan.

tips membuat dapur ramah anak
Foto: decorpad.com

Gunakan Perabotan Yang Ramah Anak

Pilih perabotan dan peralatan dapur yang menggunakan bahan aman dan ramah anak. Hindari menggunakan peralatan yang berbahan beling karena rawan pecah, gelas atau plastik yang aman untuk makanan sehingga menghindarkan kemungkin keracunan peralatan bahan makanan.

peralatan makan anak
Foto: burkedecor.com

Baca Juga: Corndog Crabstick Mozarella Cemilan Anak Sepulang Sekolah

Siapkan Alat Pemadam Kebakaran Serta Kotak P3K

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain memastikan dapur di rumah dibuat ramah anak, tak ada salahnya kok menyiapkan kotak P3K dan alat pemadam kebakaran di rumah. Hanya untuk berjaga-jaga saja jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, agar bisa ditangani dengan cepat dan tepat.

Letakkan peralatan tersebut di tempat yang aman, mudah terlihat dan mudah dijangkau. Jadi meski dalam keadaan darurat, kamu tak perlu bingung atau kesulitan mengambilnya.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

manfaat kacang merah

Kalau Tahu Manfaat Kacang Merah, Kamu Pasti Jadi Rajin Konsumsi Deh

bekal anak praktis

Pasti Disukai Anak, Ini Bekal Praktis Yang Bisa Dibikin Dalam Waktu Singkat