6 Tips Mempersiapkan Tubuh yang Sehat Menjelang Ramadhan

puasa ramadhan
Foto: Ilustrasi (bopav)

Sebentar lagi bulan Ramadhan akan datang. Bagi para umat Islam, puasa menjadi aktivitas wajib selama bulan Ramadhan. Apa saja yang perlu dipersiapkan supaya badan tetap fit saat menyambut bulan Ramadhan?

1. Kurangi makan cemilan

Saat berpuasa, anda hanya makan dua kali sehari yakni saat sahur dan berbuka puasa. Dengan mengurangi camilan akan membiasakan anda untuk tidak ‘craving’ snack atau makanan ringan yang biasa dikonsumsi selain makan makanan berat.

2. Waktu Sarapan lebih pagi

Saat memasuki waktu sahur, organ pencernaan anda akan memproses makanan pada dini hari. Untuk itu badan perlu dilatih makan lebih awal dan tepat waktu, sehingga ketika sahur pertama, perut anda tidak kaget.

3. Jam tidur teratur

Biasakan untuk tidak begadang agar setelah sahur anda tidak terlalu mengantuk untuk beraktivitas.

4. Mengurangi rokok

Kebiasaan merokok perlu dikurangi, karena pada saat berpuasa anda tidak bisa merokok di siang hari. Ketika anda tiba-tiba berhenti dari merokok, anda akan mengalami gejala sulit konsentrasi, mudah marah dan sensitif, sehingga lebih baik untuk mengurangi rokok perlahan sebelum memulai puasa.

5. Mengurangi waktu makan

Ketika berpuasa anda harus melawan nafsu makan dan minum hingga waktu berbuka puasa. Sebaiknya mulailah mengurangi waktu anda makan. Biasakan untuk tidak jajan dan makan berat dua kali sehari.

6. Perbanyak Konsumsi ABS (Air, Buah, Sayuran)

Jagalah tubuh anda dengan perbanyak meminum air putih, makan buah dan sayur. Saat berpuasa anda akan kehilangan cairan tubuh, sehingga jagalah kadar air, nutrisi dan vitamin agar tetap fit selama berpuasa!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

5 Makanan Olahan Ikan Yang Banyak Disukai Di Indonesia

taro milkshake

Cara Mudah Membuat Taro Milkshake Dan Bola Taro Crispy Yang Enak