Memilih ikan asin berkualitas hanya dengan 5 langkah sederhana

tips memilih ikan asin
Foto: iStock

Ikan asin termasuk salah satu jenis ikan yang banyak digemari, mudah didapat dan harganya murah. Meski begitu ternyata masih ada yang menjual ikan asin dengan curang dan menggunakan bahan kimia berbahaya untuk membuatnya lebih awet serta tampak menarik. Karena itu ada beberapa tips memilih ikan asin yang bisa dilakukan dengan sederhana agar mendapatkan ikan asin berkualitas.

Perhatikan teksturnya

Ikan asin yang berkualitas justru bukan ikan asin yang kuat dan keras, melainkan yang mudah hancur. Pasalnya ikan asin yang kuat dan keras justru biasanya mengandung bahan kimia berbahaya seperti formalin atau bahan kimia lainnya.

Perhatikan aromanya

Ikan asin yang berkualitas dan tidak mengandung bahan pengawet, justru cenderung memiliki aroma yang kurang sedap yang sangat khas. Aroma ini biasanya akan hilang jika ikan asin telah diberi bahan kimia berbahaya. Karena itu hindari memilih ikan asin yang tidak memiliki aroma aslinya yang khas.

Warna ikan asin juga jadi indikator memilih

Jangan terkecoh dengan memilih ikan asin yang warnanya tampak menarik, seperti cenderung berwarna putih bersih. Karena warna menarik ini justru bisa jadi muncul karena ikan telah diberi bahan pemutih. Ikan asin yang bebas dari bahan kimia cenderung memiliki warna yang kurang menarik dan lebih kecoklatan.

Baca Juga: Tips Memilih Kepiting Berdaging Padat Dan Segar, Enak Banget

Ukuran ikan asin juga perlu dijadikan pertimbangan

Ikan asin yang berkualitas biasanya dibuat dari ikan yang bagus. Karena itu ukuran seperti tebalnya daging ikan juga berpengaruh saat ingin memilih ikan asin yang baik. Faktor ini tak jarang juga kemudian mempengaruhi harga ikan asin. Semakin tebal dagingnya, semakin mahal pula ikan asin tersebut.

Lalat merupakan tanda ikan asin bebas bahan kimia

Ikan asin yang berkualitas bukan ikan asin yang tak dihinggapi lalat sama sekali. Karena lalat tak menyukai bahan makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya. Sehingga jika ikan asin dihinggapi satu atau dua lalat, justru merupakan indikator bahwa ikan asin tersebut bebas bahan kimia.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

manfaat ikan gabus

Manfaat ikan gabus, bukan hanya dapat mempercepat penyembuhan luka

Resep Aneka Olahan Kacang Hijau, Bikin Kangen Rumah