5 roti dari berbagai negara yang mungkin belum pernah kamu cicipi

source: Roman Kraft/ Unsplash

Di berbagai belahan dunia, roti menjadi salah satu makanan pokok yang kerap disajikan saat jam-jam makan. Hal itu berbeda dengan Indonesia yang biasanya menjadikan roti bukan sebagai makanan pokok, melainkan camilan atau sebatas pengganjal perut. Tidak heran jika kebanyakan roti yang kita temui di toko-toko roti memiliki sebutan yang kebarat-baratan. Tidak seperti di Indonesia yang kebanyakan rotinya bercitarasa atau diberi berbagai topping dan isian yang manis, roti-roti yang berasal dari manca negara biasanya bercitarasa plain, gurih, atau sedikit asam. Hal itu disebabkan sebagai makanan pokok, roti akan disajikan dengan hidangan lain seperti daging dan sayuran.

Roti tampaknya menjadi kesukaan berbagai kalangan karena variasinya yang banyak dan bisa disesuaikan dengan selera setiap orang. Berbicara mengenai varian roti, jenis-jenis roti di bawah ini mungkin tidak terlalu familiar buatmu kecuali kamu adalah traveler yang hobi jalan-jalan ke luar negeri. Sembari menunggu kesempatan jalan-jalan itu tiba, kami akan mengajakmu berkenalan terlebih dulu dengan macam-macam roti dari berbagai belahan dunia. Siap-siap tergoda dengan tampilannya, ya!

  1. Barbari

source: persianmama.com

Roti barbari merupakan salah satu roti pipih khas bangsa Persia (sekarang Iran). Namun walau termasuk jenis roti pipih, roti barbari termasuk yang paling tebal dari roti pipih Persia lainnya. Teksturnya ringan dan memiliki kerak (crust) yang renyah. Beberapa di antaranya ditaburi biji wijen, biji poppy, atau nigella (jintan hitam). Roti ini adalah favoritnya orang Persia untuk dimakan saat sarapan dan disantap selagi panas, segera setelah roti matang.

Roti barbari kerap disajikan bersama keju feta, selai, anggur, mentega, dan masih banyak lagi. Tidak ketinggalan, secangkir minuman hangat tentunya!

source: kingarthurflour.com

 

  1. Praja

source: dolcefooda.blogspot.com

Praja, atau dikenal juga sebagai Balkan corn bread, sesuai namanya memang berasal dari negara-negara Balkan seperti Serbia dan Bosnia, serta berbahan dasar tepung jagung. Bahan-bahan lain yang ditambahkan ke dalam adonannya antara lain minyak bunga matahari, air soda, dan garam. Rasanya yang gurih cocok disajikan sebagai menu utama bersama ikan dan daging. Selain itu, roti praja juga dapat menjadi sajian menu sarapan bersama susu, keju, yoghurt, irisan barbeque dan lain-lain.

Baca juga: Pancake edamame, menu sarapan simpel dan menyehatkan

Orang-orang Balkan dikenal sangat menyukai produk-produk susu sehingga praja juga tak luput dihidangkan bersama susu, atau smetana (krim asam).

source: balkanlunchbox.com

 

  1. Tiger bread

source: bakeryinfo.co.uk

Berasal dari Belanda, roti ini dinamai tiger bread karena memiliki corak di permukaan bagian atas yang mirip dengan kulit macan. Tapi tenang saja, roti ini murni terbuat dari tepung terigu, kok. Rahasia dibalik keraknya yang krispi dan belang-belang seperti macan adalah pada pasta yang melapisi bagian atasnya. Pasta ini terbuat dari tepung beras, dan bahan lainnya, antara lain ragi dan minyak wijen. Saat roti mulai mengembang, pasta yang melapisi tadi adakan pecah-pecah dan berubah warna, membuat tampilan roti semakin menggugah selera. Minyak wijen yang terdapat pada roti juga membuatnya memiliki rasa yang khas. Meski terlihat keras di luar, roti ini nyatanya lembut lho, di dalam!

Uniknya, sebuah toko roti di Inggris mengubah namanya menjadi Giraffe Bread, berkat usulan bocah berusia tiga tahun yang menganggap coraknya lebih mirip jerapah ketimbang macan.

source: brighteyedbaker.com

 

  1. Curry bread / Curry Bun

source: japantravel.navitime.com

Kalau yang ini sih sudah ketebak pasti ada unsur karinya. Makanan dari Jepang ini berupa lembaran adonan yang membungkus kari Jepang, kemudian dilapisi dengan tepung roti. Umumnya curry bread digoreng dengan metode deep fry sehingga bertekstur garing, namun ada juga yang dipanggang. Roti ini mudah ditemukan di toko-toko roti dan minimarket di Jepang.

Kamu yang pernah nonton anime Black Butler mungkin belum lupa bahwa curry bread juga dimasak lho oleh sang tokoh utamanya, Sebastian.

spurce: yabai.com

 

  1. Lefse

Mungkin roti yang satu ini terlihat familiar karena mirip tortilla. Tapi, lefse berbeda dengan tortilla meski penyajiannya biasanya mirip. Lefse biasa disajikan dengan sayuran, daging, atau membungkus hot dog dan membuatnya seperti sandwich.

Baca juga: Sandwich crab stick, modal sederhana hasilnya enak luar biasa

Tidak jarang pula lefse dihidangkan bersama toping-toping yang manis seperti madu. Penggunaan kentang dalam adona Lefse membuat rasanya lebih khas ketimbang tortilla. Selain kentang, bahan lainnya yang digunakan untuk membuat roti tradisional Norwegia ini antara lain butter, tepung, dan susu atau krim.

source: cookingchanneltv.com

Dihidangkan dengan mewah di restoran, hm..

source: godt.no

Itulah beberapa roti dari berbagai negara yang mungkin belum pernah kamu cicipi. Meski begitu, Indonesia juga memiliki beragam jenis roti yang kalau dipikir-pikir, agak mirip ya, dengan roti-roti di atas? Kalau kamu belum berkesempatan menyicipi roti-roti itu langsung dari negara asalnya, tidak ada salahnya tuh, menggantinya dengan roti-roti yang ada di Indonesia! Omong-omong, yang mana yang paling ingin kamu cicipi?

Baca juga: Luti gendang, roti isi abon khas Indonesia yang cocok temani saat hujan

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bukan hanya buah, sayuran-sayuran ini juga tinggi kandungan vitamin C

Biar Tidak Bosan di Rumah Yuk Bikin Edamame Bento