Terkenal Dengan Nasi Gorengnya, Ini 5 Nasi Goreng Khas Indonesia

nasi goreng sunda
Foto: wikipedia.org

Cara pembuatannya memang cukup mudah. Tapi menu sederhana ini hampir disukai oleh seluruh masyarakat Indonesia lho. Bahkan nasi goreng khas Indonesia juga cukup populer di luar negeri.

Di Indonesia sendiri ada berbagai variasi nasi goreng yang cukup beragam. Beberapa daerah bahkan memiliki nasi goreng khasnya yang diracik dengan bumbu dan campuran yang berbeda.

Di antara banyaknya nasi goreng Khas Indonesia, setidaknya 5 jenis nasi goreng ini cukup hits dan mudah didapatkan. Kira-kira kalau kamu sendiri lebih suka nasi goreng yang mana nih?

Nasi Goreng Mawut

Meski namanya nasi goreng, tapi kamu juga akan mendapati adanya mie kluntung dalam variasi nasi goreng yang satu ini. Dengan campuran dan penampilannya yang awut-awutan itulah nasi goreng ini kemudian disebut mawut (dalam bahasa Jawa berarti berantakan).

Berwarna merah, nasi goreng ini menggunakan bumbu merah halus dengan aroma khas sehingga tampak semakin menggiurkan. Selain mie kluntung, juga ada campuran sawi hijau, kubis dan suwiran daging ayam.

nasi goreng mawut
Foto: instagram/sasmitaedo

Nasi Goreng Seafood

Terdapat potongan cumi, udang serta seafood lainnya dalam campuran nasi goreng yang satu ini. Karenanya nasi goreng ini disebut nasi goreng seafood. Tak jarang dalam nasi goreng ini juga terdapat campuran kacang polong dan sayuran lainnya. Beberapa orang membuat nasi goreng ini tanpa saus tomat sehingga berwarna putih. Sedangkan beberapa orang lainnya menambahkan saus tomat untuk memberi warna merah.

nasgor seafood
Foto: Istimewa

Nasi Goreng Jawa

Penampilan nasi goreng jawa memang sedikit mirip dengan nasi goreng mawut. Bedanya nasi goreng jawa tidak menggunakan mie kluntung sebagai campuran. Tak jarang penjual nasi goreng jawa juga menjual nasi goreng mawut.

nasi goreng jawa
Foto: rancahpost.com

Baca Juga: Selain Rendang, 5 Makanan Indonesia ini Favorit di Luar Negri lho!

Nasi Goreng Sunda

Sedikit berbeda dengan nasi goreng Jawa, nasi goreng Sunda justru memiliki warna yang cenderung kekuningan. Hal ini karena adanya campuran kunyit di dalamnya. Bahan campurannya pun cukup beragam. Ada ayam, sayuran hingga bakso. Dengan aroma yang khas, nasi goreng Sunda umumnya punya citarasa yang sedikit pedas dan gurih.

nasi goreng sunda kuning
Foto: Instagram.com/enhaiicempakaputih

Nasi Goreng Kambing

Sedikit mirip dengan kebuli kuliner khas Timur Tengah, Indonesia juga punya nasi goreng kambing. Dengan campuran irisan daging kambing, bumbu masak yang digunakan dalam nasi goreng ini pun cenderung lebih kaya dibanding nasi goreng lainnya. Biasanya dalam nasi goreng kambing, ada campuran kapulaga, cengkeh dan jinten dalam bumbunya. Sehingga selain memiliki aroma kambing, aroma rempah-rempahnya pun cukup kuat.

nasgor kambing
Foto: twitter/ashril_92

Dari beberapa macam nasi goreng tersebut, mana yang lebih kamu suka?

Jangan lupa selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

manfaat ikan teri

Kecil, Tapi Ikan Teri Ternyata Menyimpan Manfaat Besar Untuk Tubuh

Dori Cheese Omelet

Dori Cheese Omelet, Bikinnya Gampang Rasanya Enak