10 bahan ini bisa digunakan untuk mengempukkan daging, lho!

mengempukkan daging dengan rempah
Foto: lifeatthetable.com

Memakan daging yang keras memang menyebalkan. Karena itu biasanya sebelum dimasak, daging pun diolah sedemikian rupa agar teksturnya empuk. Untuk membantu proses pengempukan daging agar lebih maksimal dan mudah, ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membantu mengempukkan daging. Di antaranya adalah 10 bahan ini.

Nanas

Nanas memiliki kandungan enzim bromelin di dalamnya. Di mana kandungan ini dapat berguna untuk mengempukkan daging pada saat proses pengolahan. Caranya dengan melumuri daging dengan potongan nanas selama sekitar 10-30 menit sebelum proses masak.

mengempukkan daging dengan nanas
Foto: slapyodaddybbq.com

Kiwi

Jika nanas memiliki kandungan enzim bromelin, kiwi memiliki kandungan actinidin di dalamnya. Kandungan ini juga memiliki fungsi sama, yaitu dapat membantu mengempukkan daging. Caranya dengan membalurkan buah kiwi yang telah dihaluskan selama kurang lebih 30 menit, sebelum kemudian daging dicuci kembali dan dimasak.

mengempukkan daging dengan kiwi
Foto: shirinpolo.com

Daun Pepaya

Protein yang terdapat di dalam daging dapat dipecahkan oleh enzim papain yang terdapat di dalam daun pepaya. Enzim ini pun dapat membantu melunakkan serat daging. Makanya jangan heran jika daun pepaya kerap digunakan untuk membungkus daging sejak zaman dulu. Hanya dengan membungkusnya selama 10 menit, tekstur daging yang akan dimasak pun jadi lebih lunak.

mengempukkan daging dengan daun pepaya
Foto: ta utomo

Rempah

Sudah jadi rahasia umum kalau rempah-rempah seperti jahe, kunyit serta bawang putih, bukan hanya dapat menyedapkan masakan, tapi juga membantu proses pengempukan daging. Diamkan daging selama kurang lebih 30 menit bersama salah satu bahan rempah, maka daging pun akan lunak.

mengempukkan daging dengan rempah
Foto: lifeatthetable.com

Tomat

Haluskan tomat kemudian lumurkan pada daging selama beberapa saat. Kandungan yang ada di dalam tomat, dapat membantu proses pengempukan daging.

mengempukkan daging dengan tomat
Foto: goodfon.com

Lemon

Bukan hanya dapat membantu menghilangkan bau prengus pada daging, lemon juga dapat membuat daging menjadi lebih empuk. Caranya dengan melumurkan perasan air lemon pada daging dan mendiamkannya selama beberapa saat di dalam kulkas.

mengempukkan daging dengan buah
Foto: marthastewart.com

Jeruk Nipis

Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga memiliki fungsi yang kurang lebih sama untuk proses pengolahan daging. Kamu juga bisa mengaplikasikan jeruk nipis pada daging dengan cara yang sama dengan pengaplikasian lemon.

mengempukkan daging dengan jeruk nipis
Foto: healthyseasonalrecipes.com

Baca juga: Cara menyimpan daging yang sudah dimasak ke dalam kulkas

Kopi

Siapa sangka kalau ternyata merendam daging di dalam cairan kopi pekat dapat membuat daging jadi lebih empuk? Cara ini nantinya juga dapat membuat tekstur jadi lebih smoky saat dimasak.

mengempukkan daging dengan kopi
Foto: cooking.nytimes.com

Jus Jeruk

Jus jeruk memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Kandungan dapat dimanfaatkan untuk mengempukkan daging. Namun dengan catatan tak terlalu banyak ya. Karena jika terlalu banyak malah bisa membuat daging jadi alot.

mengempukkan daging dengan jus jeruk
Foto: Ilustrasi | seriouseats.com

Teh

Seperti halnya larutan kopi, air teh juga dapat membuat daging lebih empuk. Proses ini juga dapat memberi rasa earthy pada daging lho.

mengempukkan daging dengan teh
Foto: today.com

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

resep kue bihun kukus manis

Kue bihun kukus manis, bukan hanya jadi olahan gurih dan asin

resep sambal cumi

Makan makin lezat dengan racikan sambal cumi, bagai terbang melayang